Sen. Nov 12th, 2018

Mendagri: E-KTP Kadaluarsa Masih Tetap Berlaku

JAKARTA, NP — Apakah Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) Anda sudah kadaluarsa? Apakah Anda perlu memperpanjangnya agar dalam mengurus surat-surat penting di lembaga/instansi manapun tidak ditolak?   Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menegaskan: “e-KTP berlaku seumur hidup. Ketentuan ini tidak saja berlaku bagi pemilik e-KTP yang di dalam kolom berlaku tertulis berlaku seumur hidup, tetapi juga bagi yang sudah kedaluwarsa.”

e-KTP
e-KTP

Berdasarkan pernyataan Mendagri tersebut maka kita, yang memiliki e-KTP sudah habis masa berlakunya, tidak perlu mengurus perpanjangannya lagi, karena e-KTP tersebut masih tetap bisa digunakan.

Mendagri menghimbau agar masyarakat menolak jika dimintai uang oleh calo/oknum petugas untuk mengurus dan membuat e-KTP yang baru lagi, karena e-KTP yang ada (lama) masih tetap berlaku. e-KTP yang sudah kedaluwarsa tersebut masih tetap bisa dipergunakan pada saat mengurus surat-surat penting di lembaga/instansi manapun.

“Jadi Anda tak perlu khawatir ditolak saat menunjukkan e-KTP kedaluwarsa sewaktu ada razia kepolisian ataupun di saat mengurus surat-surat penting”, tegas Tjahjo.

Mendagri merasa perlu mengeluarkan pernyataan ini mengingat masih ada upaya oknum yang memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat akan aturan tersebut. (bts)

53,384 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this product!