Sen. Nov 19th, 2018

Hasil Piala Eropa, Bisikan Kapten Kroasia Bikin Spanyol Kalah

BORDEAUX, NASIONALPOS – Spanyol kalah 1-2 dari Kroasia pada laga pamungkas Grup D Piala Eropa 2016 di Nouveau Stade de Bordeaux, Selasa (21/6/2016) atau Rabu dini hari WIB. Kapten Kroasia, Darijo Srna, punya andil terhadap kemenangan timnya itu.

Srna menjadi “pembisik” kiper Danijel Subasic dalam mengantisipasi tendangan penalti lawan yang dieksekusi Sergio Ramos. Akibatnya, Spanyol gagal memperbesar keunggulan dan bisa dimanfaatkan Kroasia untuk mencetak gol kedua.

Kiper Kroasia, Danijel Subasic, mendapatkan selamat dari rekan-rekannya seusai menggagalkan penalti kapten Spanyol, Sergio Ramos, Selasa (21/6/2016).
Kiper Kroasia, Danijel Subasic, mendapatkan selamat dari rekan-rekannya seusai menggagalkan penalti kapten Spanyol, Sergio Ramos, Selasa (21/6/2016).

Dua gol kemenangan Kroasia dicetak oleh Nikola Kalinic dan Ivan Perisic. Sedangkan sebiji gol Spanyol dibukukan oleh Alvaro Morata.

Pada laga ini, Spanyol tampil dengan penguasaan bola yang superior, 60 persen. Akan tetapi, soal jumlah peluang, Kroasia tak kalah sering mengancam gawang Spanyol, 13 berbanding 15 tembakan.

Sempat mendapatkan tekanan pada awal-awal laga, Spanyol unggul terlebih dahulu pada menit ke-7. Bermula dari umpan David Silva, Cesc Fabregas menyontek bola ke depan gawang Kroasia lalu.

Kiper Danijel Subasic yang mencoba menutup ruang tembak, sudah mati langkah. Lepas dari kawalan bek Kroasia, Morata lalu menceploskan bola ke gawang kosong.

Kedua tim memeragakan permainan atraktif. Sebuah kesalahan David De Gea nyaris membawa Kroasia bisa menyamakan kedudukan.

Usaha Kroasia akhirnya membuahkan hasil pada menit terakhir babak pertama. Menerima umpan silang Ivan Perisic, Nikola Kalinic melepaskan tendangan dengan tumitnya sambil melompat untuk membuat skor sama kuat 1-1.

Spanyol hadapi Italia di 16 besar 

Pada babak kedua, kedua tim tetap memeragakan permainan menyerang. Sekalipun Spanyol lebih mendominasi penguasaan bola, Kroasia juga memiliki sejumlah peluang berbahaya.

Kesempatan emas bagi Spanyol untuk unggul tercipta pada menit ke-71, ketika Silva dilanggar di kotak penalti. Namun, eksekusi penalti Ramos berhasil dimentahkan Subasic.

Ada kejadian menarik jelang tendangan penalti itu. Kapten Kroasia, Darijo Srna, berbisik kepada Subasic.

Sebelum penalti dilakukan, Srna mendapat masukan dari Luka Modric yang absen pada laga ini, soal kemungkinan arah tendangan Ramos, rekan satu timnya di Real Madrid.

Masukan itu lantas disampaikan Srna kepada Subasic. Bisikan itu pun berhasil. 

Kegagalan penalti Ramos itu memantik semangat para pemain Kroasia. Mereka akhirnya bisa berbalik unggul pada menit ke-87.

Menerima umpan dari Kalinic, Perisic melepaskan tendangan menyilang ke tiang jauh gawang Spanyol, tanpa bisa diantisipasi De Gea. Perisic lantas merayakan gol ini dengan membuka kostum sehingga mendapatkan kartu kuning.

Dalam sisa laga, Spanyol gagal bisa mengatasi ketertinggalan. Kroasia pun memastikan kemenangan 2-1 atas Spanyol.

Kemenangan ini menjadikan Kroasia sebagai juara Grup D dengan torehan 7 poin, unggul satu angka atas Spanyol. Turki dan Rep. Ceko mengekor di belakang mereka dengan koleksi tiga poin dan satu poin.

Spanyol akan menghadapi Italia selaku juara Grup E pada babak 16 besar. Adapun Kroasia, kemungkinan besar akan menantang Slovakia sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik. 

Kroasia 2-1 Spanyol (Nikola Kalinic 45′, Ivan Perisic 86′; Alvaro Morara 6′)

Kroasia: 23- Danijel Subasic, 11-Darijo Srna, 5-Verdan Corluka, 12-Sime 
Vrsalko, 6-Tin Jedvaj, 7-Ivan Rakitic, 19-Milan Badelj,15-Marko Rog (Mateo Kovacic 82′), 4-Ivan Perisic, 16-Nikola Kalinic, 20-Marko Pjaca

Pelatih: Ante Cacic

Spanyol: 13-David De Gea, 15-Sergio Ramos, 16-Juanfran, 3-Gerard Pique, 18- Jordi Alba, 10-Cesc Fabregas, 6-Andres Iniesta, 21-David Silva, 5-Sergio Busquets, 22-Nolito (Bruno Soriano 60′), 7-Alvaro Morata (Aritz Aduriz 67′)

Pelatih: Vicente Del Bosque

Wasit: Bjorn Kuipers

(kompas.com)

707 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this product!