Sen. Nov 12th, 2018

Pengoperasian Transjabodetabek Bogor Terhambat Tarif

Bogor,NASIONALPOS – Direktur Perencanaan dan Pembangunan Transportasi Jabodetabek Kementerian Perhubungan Suharto mengatakan, karena adanya kendala penentuan besaran tarif, armada Transjabodetabek tujuan Jakarta-Bogor hingga saat uni belum bisa dioperasikan.

“Hingga saat ini belum ada kesepakatan besaran tarif antara pengelola Transjabodetabek dan Pemerintah Kota Bogor, sehingga pengoperasian bus Transjabodetabek belum bisa menjangkau Kota Bogor,” kata dia, Ahad, 26 Juni 2016.

Dirut Transjakarta, Budi Kaliwono, bersama Kadis Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah, dan Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Risyapudin, meluncurkan bus baru, di kantor Transjakarta, Jakarta
Dirut Transjakarta, Budi Kaliwono, bersama Kadis Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah, dan Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Risyapudin, meluncurkan bus baru, di kantor Transjakarta, Jakarta.

Padahal, menurut mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan sudah menyiapkan 50 bus Transjabodetabek untuk trayek Jakarta-Bogor.

Dia mengatakan kesepakatan penentuan besaran public service obligation (PSO) antara Perintah Kota Bogor dan pengelola masih terus dibicarakan. “Untuk besarannya, kami belum bisa menentukan karena Pemkot Bogor masih mengkaji berapa biaya kontribusi yang akan mereka dapat jika Transjabodetabek ini beroperasi hingga Kota Bogor,” tuturnya.

Namun, berdasarkan informasi sementara, besaran tarif yang diberlakukan Transjabodetabek akan jauh di bawah tarif APTB sebelumnya, yakni Rp 10.000-12.000, karena tarif bus APTB sekitar Rp 14.500. “Intinya, tujuan Kota Bogor belum bisa dioperasikan. Namun, dalam waktu dekat, armada Transjabodetabek trayek Jakarta-Cibinong sudah akan dioperasikan,” katanya.

Suharto, yang sempat menjabat Kepala DLLAJ dan Kepala Bappeda Kota Bogor, mengatakan bus Transjabodetabek merupakan pengganti bus Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB), yang saat ini masih beroperasi di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. 

“Bus APTB nantinya akan digantikan bus Transjabodetabek, bahkan keberangkatannya pun akan sama, yakni Terminal Bubulak, Ciawi, plus Terminal Baranangsiang jika memang sangat diperlukan,” ujarnya.

(tempo.co)

38,660 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this product!