Sen. Nov 19th, 2018

Alexandria Islamic School, Cetak Siswa Berprilaku Terpuji

Nasionalpos.com – JAKARTA-Banyak orang tua memasukan putra-putrinya  ke sekolah dengan harapan putra-putrinya tersebut mendapatkan pembinaan akhlak mulia serta terbiasa berprilaku dengan sifat terpuji.
Agar dapat  mencapai kompetensi tersebut  maka diperlukan  dirancang materi pembelajaran serta  strategi penyampaian  dan  pengelolaan yang tepat.

Foto
Foto

“AlexandriaIslamic School sebagai lembaga pendidikan berstandard internasional kami harapkan mampu mencetak manusia yang berakhlak mulia sesuai dengan tujuan pembinaan itu sendiri yaitu memanusiakan manusia,” kata pendiri Yayasan Laena International College (YLIC)  Ir. HM. Idris Laena di sela-sela open house dan Halal bi Halal keluarga besar Alexandria  Islamic  School, kemarin.

Menurut Anggota DPR dari Golkar ini, selain mengasah intelektual, terhadap  siswa-siswi Alexandria juga  dilakukan pembinaan akhlak mulia serta dilatih dan diarahkan serta dibimbing kearah perkembangan yang positif. Selain dibentuk agar memiliki akhlak mulia siswa juga diarahkan agar lebih dekat dengan sang  pencipta seluruh alam yaitu Allah swt.

Dalam proses pembinaan akhlak mulia   perlu kiranya diperhatikan karakteristik kepribadian dari siswa itu sendiri sebagai subjek yang akan dibina. Ini dilakukan untuk mempermudah memilih dan menentukan strategi pembinaan akhlak mulia yang harus diterapkan.

Memahami karakteristik kepribadian siswa memegang peranan penting dalam proses pembinaan akhlak mulia. Ini dilakukan agar nilai-nilai akhlak mulia yang diajarkan dapat terinternalisasi dan terwujud dalam tindakan nyata siswa, bukan hanya sebatas teori.

Untuk mencapai tujuan tersebut Alexandria Islamic School telah mengkondisikan dan menciptakan suasana yang kondusif, aman, dan nyaman bagi siswa untuk lebih mudah memahami dan menerapkan akhlak mulia yang diajarkan di sekolah. Ini dilakukan antara lain, dengan berbagai bentuk tindakan, ucapan, dan sikap para tenaga pengajar  yang dapat dicontoh oleh siswa sebagai dasar penanaman akhlak mulia.

Menurut Idris  pembinaan akhlak mulia selama ini sudah sering diperkenalkan di dalam kelas melalui berbagai studi prilaku Rasulullah SAW. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat memperhatikan nilai-nilai akhlak mulia yang telah dicontohkan.

“Ini merupakan salah satu bagian dari keseluruhan pendidikan karakter yang diterapkan Alexandria Islamic School dalam meletakkan nilai-nilai dasar  aspek positif kehidupan di masyarakat nanti,” katanya.

Lingkungan belajar di Alexandria Islamic School diharapkan mampu menjadi  tempat pembinaan akhlak mulia karena memiliki  suasana belajar yang positif. Para staf pengajar di sekolah ini berupaya  mengoptimalkan semua sumber daya yang ada untuk mendukung proses pembinaan akhlak siswa  dengan menciptakan hubungan yang harmonis antara siswa, staf pengajar serta  semua warga sekolah sebagai satu kesatuan yang saling mendukung untuk mencapai tujuan yang diharapkan. (rls)

Pendiri YLIC Ir. HM Idris Laena beserta undangan Halal bi Halal

724 kali dilihat, 8 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this product!