Sen. Nov 19th, 2018

KKP Tingkatkan Budidaya Ikan Rainbow Papua

JAKARTA, NASIONALPOS– Ikan Rainbow Papua/Kurumoi (Melanotaenia parva) merupakan ikan hias air tawar endemik Papua yang telah berhasil dibudidayakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (Balitbang KP), melalui Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Ikan Hias (BPPBIH) Depok dengan penelitian yang dilakukan sejak 2008.

Ikan Rainbow.
Ikan Rainbow.

“Selain nilai ekonomi yang tinggi, inisiatif penelitian budidaya rainbow kurumoi juga didasarkan pada aspek pelestarian mengingat beberapa jenis ikan rainbow terancam punah akibat penangkapan di habitat aslinya,” ungkap Kepala Puslitbangkan KP, Hari Eko Irianto, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (6/9).

Pada tahun 2014, BPPBIH mendapatkan rekor MURI atas pencapaiannya dalam membudidayakan Ikan Rainbow Kurumoi. Langkah pembudidayaan ikan Rainbow Papua/Kurumoi ini juga dilakukan untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin luas. Ada dua pendekatan yang dilakukan BPPBIH untuk pembudidayaannya

Pertama dengan pendekatan secara kualitas dengan peningkatan kualitas warna. Yang kedua, pendekatan kuantitas dengan memproduksi ikan rainbow kurumoi 5.000 ekor untuk disebarkan ke pembudidaya. Selain itu, penyebaran litbang ikan hias rainbow kurumoi juga telah dilakukan di Jawa Tengah dan Jabodetabek dengan melibatkan dinas terkait.

Hingga saat ini, Kabupaten Bekasi merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi sebagai sebaran litbang budidaya ikan hias rainbow kurumoi. Bekerjasama dengan Dinas Peternakan, Perikanan, dan Kelautan (DPPK) Kabupaten Bekasi, BPPBIH menjadikan Kabupaten Bekasi sebagai target lokasi pengembangan budidaya ikan rainbow kurumoi.

Aplikasi teknologi budidaya ikan rainbow kurumoi dilakukan dengan bantuan Tenaga Teknis dan Penyuluh Perikanan DPPK Kabupaten. Bekasi, serta kelompok pembudidaya “Pokdakan Mina Mulia” di Desa Tridayasakti, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

Adapun tahapan aplikasi teknologinya meliputi, inisisasi aplikasi teknologi, monitoring, showcase, dan panen raya. Setelah enam bulan masa pemeliharaan oleh Pokdakan Mina Mulia dengan bimbingan penyuluh dan peneliti BPPBIH, diselenggarakan Panen Perdana Ikan Rainbow Kurumoi sebagai wujud keberhasilan aplikasi teknologi budidaya ikan rainbow kurumoi kepada masyarakat.

(jitunews.com)

13,864 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this product!