Sen. Nov 12th, 2018

Sengaja Lakukan Pembiaran, Kinerja Kasudin Penataan Kota, Kota Adm Jakarta Utara Layak Dipertanyakan

Jakarta, Nasionalpos.com – 20/10/2016. Banyaknya bangunan bermasalah di wilayah Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara dapat dilihat jelas secara kasat mata.

Foto : nasionalpos
Foto : nasionalpos

Bangunan rumah tinggal yang menyalahi ketentuan atau bertabrakan dengan Peraturan Daerah (Perda) No 7 tahun 1991 tentang Bangunan Dalam Wila­yah DKI Jakarta yang dirubah menjadi Perda No 7 tahun 2010, SK Gubernur DKI Jakarta No 1068 tentang Petunjuk Pelaksanaan Teknis Pe­ner­bitan Kegiatan Membangun dan Menggunakan Bangunan di DKI Jakarta, Pergub dengan nomor 72 tahun 2013, Perda No 1 tahun 2006 tentang Retribusi Daerah serta SK Gubernur No 63 tahun 2000, seharusnya ditindak tegas oleh pihak Penataan kota setempat bukan dibiarkan oleh pengawasan penataan kota, jangan sampai adanya laporan baru ditindak, dimana pengawasan bangunan penataan kota setempat.
Seluruh pe­raturan menyangkut izin bangunan di wilayah DKI Jakarta, sepertinya mandul alias tidak terlaksana khususnya di Kecamatan Penjaringan, jakarta utara. Faktanya, banyak dijumpai bangunan rumah tinggal lebih dari tiga lantai baik yang sudah jadi bangunan maupun yang sedang dalam pengerjaan bangunan dan adanya pelanggaran IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dan GSB (Garis Sepadan Bangunan) serta peruntukannya dan lainnya.

Foto : nasionalpos.
Foto : nasionalpos.

Hasil Investigasi Nasionalpos  di sekitar Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, jakarta utara misalnya, ditemukan beberapa bangunan yang bermasalah yakni bangunan rumah tinggal seperti di Jl Lempuk (B Raya) Blok A-6 KAV. No.19-AA, Rt.001, Rw.013, Teluk Gong, Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara dengan IMB nomor 110/8.1C/31.72.01/-1.785.51/2016 Tanggal :17 Mei 2016. Dalam papan proyek tersebut izin yang diperoleh hanya 3 lantai, namun dibangun 4 lantai dengan tampak depan RUKO. “Kita bangun empat lantai Pak,” ucap pekerja bangunan yang enggan menyebutkan namanya ketika ditemui Nasionalpos.com di lokasi tersebut.

Demikian juga dengan rumah tinggal di Jl C Blok I KAV. No.358&358A (d/h Jl.H), Teluk Gong, Rt.011, Rw.010, Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Nomor IMB : 099/8.1C/31.72.01/-1.785.51/2016, Tanggal : 09 Mei 2016, izin terpampang 3 lantai Rumah Tinggal, dibangun peruntukan RUKO dalam pekerjaan, dimana pengawasan bangunan Penataan Kota kecamatan penjaringan dan penataan kota Adm jakarta utara yang seharusnya adanya pelanggaran IMB dan GSB segera di segel bukan dibiarkan.

Ketika hal ini hendak dikonfirmasi kepada Kepala Suku Dinas Penataan Kota, Kota Adm Jakarta Utara beliau enggan dijumpai, dan selalu alasan ada rapat diluar kantor kata staf dikantor, meningat pentingnya konfirmasi kebenaran yang ditemukan oleh tim investigasi nasionalpos.com.

Melihat fenomena maraknya bangunan yang bermasalah di Kota Adm Jakarta utara ini merupakan bukti kelemahan kinerja Kepala Suku Dinas Penataan Kota, jakarta utara, atau memang patut diduga hal ini sengaja dibiarkan guna memperoleh ‘upeti’ dari para pelanggar izin bangunan. (CP/BKF).

644 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this product!