Sab. Sep 22nd, 2018

FKDM Kerahkan Ribuan Anggota Amankan Natal dan Tahun Baru

Nasionalpos.com, Jakarta – Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Rico Sinaga menginstruksikan anggotanya untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban menjelang hingga selesai perayaan Natal dan tahun baru 2018.

“Total anggota FKDM DKI mulai tingkat kelurahan hingga propinsi berjumlah 3.840 orang. Kami sudah instruksikan untuk melaksanakan tugas ikut terjun langsung ke lapangan untuk menjaga keamanan dan ketertiban menjelang hingga selesainya perayaan Natal dan tahun baru 2018 nanti,” ujar Rico kepada Nasionalpos.com di Jakarta, Sabtu (23/12/2017).

Rico mengungkapkan, tugas tersebut sebenarnya sudah menjadi rutinitas bagi seluruh anggota FKDM. Setiap menjelang hingga selesainya perayaan hari raya keagamaan, seperti Idul Fitri dan Natal setiap anggota FKDM terjun langsung ke lapangan.

Dalam menjalankan tugasnya, anggota FKDM selalu berkoordinasi dengan pihak terkait di wilayah hukum masing-masing. Koordinasi dilakukan dengan pihak kepolisian, TNI, tokoh masyarakat dan keagamaan, ormas serta instansi terkait lainnya. Dan, tahun ini untuk tugas tersebut diamanatkan langsung oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno saat audiensi dengan FKDM DKI pada 28 November 2017 lalu.

Dihadapan anggota FKDM, Sandi meminta agar FKDM dapat menjalankan tugas mengamankan dan menjaga ketertiban saat perayaan Natal. Agar, ibadah Natal di gereja-gereja yang dilakukan Umat Nasrani di Ibukota dapat berlangsung khidmat, aman dan damai.

Begitupun saat malam pergantian tahun baru, agar seluruh anggota FKDM dapat membantu menjaga ketertiban dan keamanan. Tugas penting tersebut berdasarkan Permendagri No 12 Tahun 2006 dan Pergub DKI No 110 Tahun 2008 tentang Kewaspadaan Dini Masyarakat.

“Untuk mengemban amanat ini, kami menugaskan anggota FKDM untuk melakukan pendampingan terhadap semua kegiatan gubernur dan wagub yang terkait dengan Natal dan tahun baru. Anggota FKDM diminta berkoordinasi dengan pengurus RT, RW, tokoh keagamaan, tokoh masyarakat, Ormas, dan pihak-pihak yang terkait lainnya agar setiap ada potensi gangguan, dapat diketahui dan dicegah sedini mungkin,” jelasnya.

Rico berharap, dengan partisipasi seluruh anggota FKDM dalam perayaan Natal dan tahun baru, maka keamanan Ibukota bisa terjaga sesuai harapan semua pihak dan elemen masyarakat Ibukota.  []

 

4,220 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this product!