Bamsoet Resmi Jabat Ketua DPR

Nasionalpos.com, Jakarta – Anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar Bambang Soesatyo resmi dilantik sebagai Ketua DPR menggantikan Setya Novanto.

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu dilantik dalam rapat paripurna dewan yang digelar Senin (15/1/2018) sore.

Dalam pelantikan, tampak hadir Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Selain itu, turut pula hadir sejumlah mitra kerja Komisi III DPR seperti Wakapolri Komjen Syafruddin, Jaksa Agung HM Prasetyo dan mitra kerja lainnya.

Sidang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Agus Hermanto. Seetelah menerima surat dari DPP Golkar dan Fraksi Golkar, selanjutnya pimpinan dewan membahas sesuai mekanisme untuk mengagendakan pemberhentian dan penetapan Ketua DPR.

“Selanjutnya kami akan menanyakan, apakah pergantian Ketua DPR dari Fraksi Golkar dari Setya Novanto kepada Bambang Soesatyo dapat disetujui,” tanya Agus kepada forum rapat paripurna yang dijawab serempak setuju.

Adapun pengucapan sumpah jabatan dituntun oleh Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali.

Dalam rapat sempat ada interupsi dari anggota Fraksi Demokrat Michael Watimena yang meminta pergantian Ketua DPR tidak mengurangi hak anggota DPR yang telah ada sebelumnya.

“Apa yang dirilis ketua sebelumya jangan dipangkas. Kalau bisa ditingkatkan untuk peningkatan kerja. Karena pengalaman kami dalam pergantian ada hak kami yang dipangkas dan mengurangi kinerja kami,” jelasnya.

Dengan dilantiknya Bamsoet sebagai Ketua DPR, maka keanggotaannya dari Panitia Khusus (Pansus) Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ditarik oleh Fraksi Partai Golkar atas instruksi Airlangga.

Sebelumnya, Airlangga berpesan kepada Bamsoet untuk menyelesaikan dua tugas utama, yakni merampungkan rekomendasi Pansus Angket KPK dan menyelesaikan revisi Undang-undang No. 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3).  ( )

145 kali dilihat, 0 kali dilihat hari ini

Comments

comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.