Jika Pilpres hari ini Prabowo Menang Telak atas Jokowi

Nasionalpos.com, Jakarta — Prabowo Subianto dan Partai Gerindra akan menang Pemilu kalau dilakukan sekarang. Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis hasil survei mengenai elektabilitas partai politik menjelang pemilu 2019 yang dirilis, pekan lalu.

“Saat ditanyakan secara terbuka, 20,7 persen responden akan memilih Gerindra,” kata Direktur Eksekutif LKPI, Arifin Nur Cahyono dalam keterangan tertulisnya.

Keunggulan Gerindra dibayangi Partai Golkar 13,7 persen, PDIP 13,4 persen, PKB 7,6 persen, Partai Demokrat 6,1 persen, PAN 5,8 persen, PPP 5,2 persen, PKS 4,5 persen, Perindo 4,3 persen, Nasdem 3,6 persen, Hanura 1,3 persen dan tidak memilih 13,8 persen.

Arifin menilai peningkatan dukungan terhadap Partai Gerindra tak lepas dari sosok sang Ketua Umum, Parbowo Subianto.

“Gerindra dianggap konsisten dengan sikap politiknya selama pemerintahan Joko Widodo-JK, sekalipun menjadi oposisi tidak menjadi oposan dan menolak seluruh program pemerintah,” ujar Arifin.

Sedangkan penurunan dukungan PDIP, disebabkan gagalnya pemerintah Joko Widodo dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi wong cilik. Hal ini berbeda saat menjadi oposan yang gigih menolak sejumlah kebijakan pemerintah yang tidak pro rakyat. Seperti kenaikan harga BBM dan gas serta tarif dasar listrik.

“Responden juga diberi pertanyaan tertutup dengan mengunakan kuisioner soal nama-nama calon potensial yang akan maju dalam Pilpres 2019,” ungkapnya. Nama-nama yang muncul diantaranya Joko Widodo, Prabowo Subianto, Gatot Nurmantyo, Tri Rismaharini, Anies Baswedan, Sri Mulyani, Puan Maharani, Muhaimin Iskandar dan Agus Harimurti.

“Nama Prabowo dipilih 53,6 persen, Joko Widodo 19,4 persen, Gatot Nurmantyo 4,6 persen, Sri Mulyani 3,1 persen, Anies Baswedan 2,1 persen, Puan Maharani 2,8 persen, Tri Rismaharini 5,7 persen, Muhaimin Iskandar 2,1 persen dan Agus Yudhoyono 0,8 persen. Sementara yang tidak memilih sebanyak 5,8 persen,” kata Arifin.

Survei ini menggunakan metode jajak pendapat dengan 2.178 responden. Mereka berasal dari 456 Kota/Kabupaten di Indonesia yang dilakukan pada 8 Desember-22 Desember 2017. []

740 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Comments

comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.