Jum. Agu 17th, 2018

Jokowi Perintahkan Evaluasi Proyek Strategis

Nasionalpos.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Proyek Strategis Nasional (PSN) yang belum rampung segera dievaluasi kembali

Untuk itu, Jokowi memerintahkan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution untuk memutuskan proyek-proyek strategis yang bisa dieksekusi segera dan proyek yang harus dihentikan. “Ini harus diputuskan cepat,” ujar Jokowi di Istana Presiden, Senin (12/2/2018).

Darmin pun menyatakan akan segera menyusun kriteria proyek-proyek yang bisa jalan dan dikeluarkan dari daftar PSN. Meski begitu, Darmin enggan menyebutkan daftar proyek yang mana bisa dilanjutkan dan dihentikan.
“PSN itu kan banyak. Jadi, nanti kami buat kriteria dulu. Kalau nanti tidak buat kriteria dulu biar ga ribut,” elaknya.

Sementara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku pihaknya akan mengevaluasi kemajuan proyek kereta api Kalimantan Timur yang rencananya dikerjakan oleh PT Kereta Api Borneo, yang merupakan anak usaha dari perusahaan Rusia, Russia Railways.

“Iya benar itu memang diminta di dalam arahan presiden tadi. Pelabuhan-pelabuhan yang belum diteruskan, lapangan udara harus diteruskan. Intinya ini soal strategi untuk mencapai produktivitas yang lebih baik,” katanya.

Untuk diketahui, jumlah dan jenis PSN diatur di dalam Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2017, dimana pemerintah menetapkan 245 proyek strategis nasional dan dua program PSN.

Jumlah proyek sebelumnya hanya 225 proyek sesuai Perpres 3/2016. Namun, mengalami peningkatan jumlah 245 proyek. Dengan jumlah tersebut, maka dibutuhkan dana investasi sebesar Rp4.197 triliun yang sebagian besar disediakan oleh swasta, yaitu Rp2.413 triliun. ( )

346 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this product!