Rab. Okt 17th, 2018

Keempat Nama Inilah Calon Gubernur BI Yang Baru

Nasionalpos.com, Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardoyo kembali menjadi salah satu calon Gubernur BI. Selain Agus, ada tiga nama lain yang sudah diserahkan kepada Presiden Jokowi. Mereka adalah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro; mantan Menteri Keuangan periode 2013-2014, Muhammad Chatib Basri.

Seperti diketahui, masa jabatan Gubernur Bank BI yang saat ini dijabat Agus Martowardoyo akan segera berakhir pada Mei 2018 nanti. Untuk itu, telah disiapkan empat nama untuk periode selanjutnya.

Ketua Tim Ahli Wakil Presiden, Sofjan Wanandi membeberkan empat nama tcalon Gubernur BI telah diserahkan kepada Jokowi.

Keempat nama tersebut adalah Adapun Menteri PPN Bambang Brodjonegoro; mantan Menteri Keuangan periode 2013-2014, Muhammad Chatib Basri; Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo dan Agus Martowardoyo.

“Empat nama itu sudah kami serahkan kepada Bapak Presiden,” ungkap Sofjan di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (9/2/2018).

Menurutnya, keempat nama calon tersebut juga sudah dibahas oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

“Sekarang kita tunggu saja keputusan Presiden. Karena sudah dibahas oleh Presiden dan Wapres,” imbuhnya.

Selanjutnya, calon yang dipilih Presiden akan diajukan ke Komisi XI DPR untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan.

Sofyan menyarankan agar Presiden Jokowi memilih calon gubernur BI yang sesuai dan paham akan kondisi ketidakpastian ekonomi global saat ini.

Selain itu, Gubernur BI mendatang harus bisa menjaga kondisi moneter dalam negeri dengan baik dan tidak boleh terpengaruh tahun politik.

Terpenting, lanjut Sofyan, Gubernur BI harus bisa bekerja sama dengan Menkeu karena fiskal dan moneter saling terkait. ( )

797 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this product!