Jum. Sep 21st, 2018

Mantan Ketua KPK Usulkan Polling Untuk Tentukan Capres

Nasionalpos.com, Jakarta – Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Busyro Muqoddas mengusulkan agar penjaringan calon presiden dilakukan oleh masyarakat melalui gabungan organisasi.

Menurutnya, cara seperti akan lebih fair dan meyakinkan untuk mendapatkan capres yang berkualitas sesuai harapan masyarakat.

“Polling itu harus dilakukan atas inisiatif masyarakat sipil, gabungan aliansi atau ormas secara mandiri,” kata Busyro di Gelanggang Mahasiswa, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Rabu (21/2/2018) seperti dikutip Antara.

Ketua PP Muhamaddiyah bidang hukum ini menyatakan polling perlu dilakukan atas inisiatif masyarakat secara mandiri. Karena selama ini konvensi yang dilakukan sejumlah partai politik untuk memunculkan calon presiden masih belum sepenuhnya serius dengan menerapkan prinsip kejujuran.

“Mana ada konvensi yang jujur. pada akhirnya itu hanya sebagai kembang-kembang di etalase demokrasi saja,” tukasnya.

Dikatakan Busyro, Polling dari masyarakat akan menjadi alternatif yang mampu menekan dominasi politik uang untuk memengaruhi masyarakat setiap menjelang pemilu.

“Kalau menang karena ‘nyogok’ (politik uang) maka bukan pemimpin namanya, melainkan telah terjadi manipulasi terhadap hak rakyat untuk memeroleh pemimpin yang jujur,” kata dia.

Menurut dia, polling bisa dilakukan oleh beragam elemen seperti organisasi wartawan, organisasi kegamaan, organisasi profesi, serta NGO. “Media massa juga harus ikut membantu dengan menerapkan prinsip jurnalistik tanpa didominasi kepentingan politik pemilik modal,” kata dia. [ ]

363 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this product!