Rab. Okt 17th, 2018

Menag Yakinkan ASN Sukarela dan Untuk Kemaslahatan Umat

Nasionalpos.com, Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan penarikan zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) bersifat sukarela. Saat ini, teknis penarikannya sedang dikaji.

“Masih terus dikaji secara mendalam terkait teknisnya. Pada prinsipnya memang sukarela sehingga ASN muslim yang sudah mencapai nisab batas minimal penghasilannya dikenai zakat,. PNS bersangkutan harus menyatakan apakah bersedia atau tidak bersedia ditarik,” jelas Lukman di DPR, Jakarta, Jumat (9/2/2018).

Menurutnya, pemerintah berupaya semaksimal mungkin untuk membantu umat Islam untuk menyalurkan zakatnya. Karena itulah program penarikan zakat ASN dicanangkan oleh Kemenag.

“jadi, perlu dipahami bahwa ASN ini sesungguhnya dalam rangka untuk bagaimana potensi dana umat dalam bentuk zakat ini yang tidak kecil itu. Betul-betul bisa diaktualisasikan semata untuk kemaslahatan umat,” katanya.

Seperti diketahui, pemerintah mewacanakan regulasi tentang optimalisasi penghimpunan zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) Muslim. Kebijakan itu diklaim hanya akan memfasilitasi para ASN untuk menunaikan zakat sebagaimana ajaran agama dan bukan wajib untuk dipotong oleh negara sebagaimana sempat diberitakan.

Lukman mengklaim sejak dulu, pemerintah telah ikut memfasilitasi pelayanan kebutuhan pengamalan ajaran agama. Pelaksanaan ibadah haji misalnya, negara ikut memfasilitasi.

Misalnya soal puasa, negara juga memfasilitasi warganya untuk tahu kapan memulai dan mengakhirinya yang diputuskan melalui sidang itsbat. ( )

347 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this product!