Sen. Nov 19th, 2018

Pembunuh Komando Brigade Persis Divonis 7 Tahun Penjara

Nasionalpos.com, Bandung – Terdakwa penganiayaan hingga berujung hilangnya nyawa Ustaz HR Prawoto, Komandan Brigade Persatuan Islam (Persis) yakni Asep Maftuh, divonis 7 tahun penjara  oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung, pada Kamis (23/8/2018). Asep terbukti bersalah, melakukan tindak pidana penganiayaan yang mengakibatkan matinya seseorang.

Vonis tersebut lebih berat dibanding tuntutan jaksa yang sebelumnya menuntut terdakwa dengan hukuman 6,5 tahun.

“Menjatuhkan pidana pada terdakwa dengan pidana penjara 7 tahun,” ujar Ketua Majelis Hakim yang memimpin jalannya persidangan, Wasdi Permana.

Dalam vonisnya, Ketua Majelis Hakim, Wasdi Permana, mengatakan, terdakwa terbukti melanggar dakwaan kedua yakni Pasal 351 ayat (3) KUHP yang mengakibatkan korban Ustaz Prawoto meninggal dunia. Hakim mengatakan, dari fakta-fakta di peraidangan dan keterangan saksi ahli disimpulkan bahwa terdakwa tidak mengalami gangguan jiwa.

Asep Maftuh diketahui, saat kejadian mengalami gangguan jiwa. Hal tersebut, dibantah hakim dalam pertimbangannya. Asep Maftuh terbukti dalam dakwaan kedua.

“Bahwa terdakwa masih bisa mempertanggung jawabkan perbuatanya sehingga tidak mengalami gangguan jiwa. Apalagi, selama persidangan terdakwa bisa ikuti persidangan dengan baik dan tidak temui Komando Brigade PP Persis, Ustaz Prawoto meninggal dunia setelah sempat menjalani perawatan di rumah sakit akibat dianiaya seorang pria pada Kamis (2/1) pagi.

Berdasarkan pernyataan dari Humas Brigade Persis Komando Pusat, pelaku berinisial AM melakukan pemukulan terhadap korban dengan menggunakan linggis.Awalnya tersangka sempat diduga gila.

Namun adik ipar korban, H Didin mengungkapkan, sering bertegur sapa dengan pelaku dan melihat kondisinya normal. Selain itu, pelaku yang tinggal berdekatan dengan korban berdasarkan keterangan warga sering berkegiatan hiburan karaoke. kelainan lain. Bahwa terdakwa manusia normal dan sadar.

Asep terbukti, bersalah melanggar pasal 351 ayat 3 tentang penganiayaan mengakibatkan matinya seseorang. Vonis hakim langsung teriakan oleh massa PP Persis yang ‎memadati ruang sidang 1 PN Bandung. []

69 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this product!